[Inspiring] Green Wall untuk Hutan Kota

Green wall *cnn.com

Mungkin kita yang mempunyai lahan, halaman yang terbatas untuk mengembangkan hobi menanam, yaitu dengan menanam tanaman di dinding rumah. Selain untuk penghijauan, mengurangi kadar karbon disekitar kita juga dijadikan inspirasi unuk membuat suatu dekorasi yang unik. Dekorasi dibuat dengan menggabungkan keserasian warna, jenis dan bentuk tanaman.

Diperkotaan yang serba padat dengan bangunan bisa Nampak hijau dengan cara ini, beberapa kota di luar negeri sono sudah banyak yang menerapkan metode green wall ini. Seperti di kutip di cnn.com Di belanda bangunan – bangunan umum seperti hotel, perkantoran bahkan parkiran bertingkat. Cara hidup tanaman dinding ini dengan menggunakan modular hidroponik yaitu dimana tanaman hidup di tanah, kemudian dengan bebas mengatur dengan nutrisi disampaikan melalui saluran air dapat dipasang ke hampir setiap dinding.
Di London inggris setiap 200 meter persegi dinding yang berada di daerah sekitar Marylebone Road (salah satu jalan utama ibukota Inggris grimiest) sedang dipantau oleh Imperial College, London. Dari pantauan tersebut bisa diketahui berapa partikel yang menempel pada tanaman dinding, melalui media daun. Daun juga memiliki muatan elektrostatik yang juga menarik partikel.
Beberapa orang meyakini bahwa di daerah yang masih asli, bersih (belum seberapa tercemar), dinding hijau dapat digunakan untuk menanam tanaman yang menghasilkan makanan dan buah, dan kedepannya dapat membantu ketahanan pangan perkotaan.


Ada berbagai sistem untuk beberapa konstruksi sangat membutuhkan suatu sistem berbasis kompos, tetapi sistem hidroponik buatan sendiri dapat dibuat dengan menggunakan botol plastik. Dan yang paling utaman adalah kebutuhan akan system pengairan dan cahaya matahari yang cukup.

Di Indonesia mempunyai banyak sumber daya matahari, banyaknya gedung-gedung bertingkat, ketersediaan air juga sudah siap. Saya rasa lebih dari cukup untuk mengimplementasikan nya. Jadi nunggu apa lagi ! Dengan menanam tanaman dinding ini diharapkan kualitas udara di perkotaan menjadi lebih baik.

1 Response to “[Inspiring] Green Wall untuk Hutan Kota”


  1. 1 denymon May 30, 2012 at 6:18 am

    wah kalau di INA perlu penanganan penangkapan burung biar tidak merajalela dulu. kalau gak gitu ulat bisa ‘nggremet’ di gedung🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: