[Science] Molekul untuk Mendinginkan Bumi

news.nationalpost.com

Siapa sangka ditengah upaya menanggulangi pemanasan globa ada penemuan yang sungguh menakjubkan, bahwa beberapa ilmuwan menemukan molekul yang dapat mengkonversi polutan, seperti karbon nitrogen dan sulfur dioksida, menjadi senyawa untuk pembentukan awan, sehingga bisa mendinginkan bumi yang makin panas ini.

Dari tahun ke tahun, bumi mengalami peningkatan suhu sebesar 0.8 Derajat celcius dalam tiap seratus tahun. seperti yang telah saya baca di reuters.com Dalam sebuah paper yang diterbitkan dalam jurnal Science, peneliti dari Universitas Manchester dan Bristol, dan AS yang berbasis di Sandia National Laboratories mendeteksi adanya  molekul baru, yang disebut biradicals Criegee, menggunakan sumber cahaya kuat 100 juta kali lebih kuat dari matahari. Tetapi, ini masih dipelajari oleh beberapa peneliti bahwa terlalu dini untuk memprediksi berapa banyak molekul harus dibentuk untuk membuat dampak yang besar pada suhu dunia dan tidak berbahaya bagi kehidupan makluk di dunia. Efek dari pembentukan awan pada iklim juga masih belum dipelajari lebih detail.

Ketika Gunung Pinatubo yang ada di Filipina meletus pada tahun 1991, gunung ini menghempaskan  sulfur dioksida ke udara sehingga membentuk kabut asam sulfat. Dari kumpulan kabut asam sulfat ini mengurangi intensitas  sinar matahari yang menyinari  bumi sekitar 10 persen dan menurunkan suhu global sekitar 0,5 derajat Celcius selama dua tahun. Tetapi akibat dari banyaknya jumlah yang dihempaskan ke atmosfir menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya yaitu menyebabkan gangguan pernafasan, hujan asam, dan yang lebih berbahaya lagi lapisan ozon menjadi semakin tipis….sungguh menakutkan!!

Molekul-molekul ditemukan oleh tim peneliti terjadi secara alami di hadapan alkena. Alkena atau olefin dalam kimia organik adalah Hidrokarbon tak jenuh dengan sebuah ikatan rangkap dua antara atom karbon, senyawa kimia yang sebagian besar dilepaskan oleh tanaman. Efek pendinginan terbesar dapat berpotensi dirasakan di daerah dimana terdapat konsentrasi tinggi dari alkena dan polutan, yang memungkinkan biradicals untuk bereaksi.

Perlu diketahui bahwa peneliti masih terus mengkaji temuan ini masih jauh dari yang dinamakan “berhasil”, tetapi saya pribadi mudah-mudahan ini enjadi langkah awal untuk membuat bumi kita menjadi “sehat” kembali (turut membantu dengan doa…kurang berbakat di bidang kimia…angel ikuu…), masih banyak efek samping yang menyertai temuan ini.

 

0 Responses to “[Science] Molekul untuk Mendinginkan Bumi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: