Biker : Mesin lambat merespon saat gas tutup ?

Bagi sebagian orang mempunyai sepeda motor adalah berfungsi sebagai penopang hidup, atau barang yang berharga. Sepeda motor diharapkan bisa terus dipakai sepanjang hari, dan diharapkan bisa awet dan enak dinaiki. Kebayang rasanya jika kita bekerja yang memerlukan mobilitas tinggi, ada masalah sedikit saja bisa berakibat fatal dan terhenti deh peluang-peluang yang mungkin bisa di dapat, terutama masalah sepele pada sepeda motor yang sering mangganggu saya yaitu saat motor tutup gas, ketika gas ditutup rpm gas tidak langsung turun, cenderung lambat responya.

Setelah usut punya usut, hal tersebut dipengaruhi oleh komponen di seputar karburator atau dari saluran suplai gas bakarnya. Sebagai contoh sederhana adalah tali gas seret atau kondisi ruang bakar berkerak. Tidak hanya tali gas seret tapi, kalau skep lancar dan ruang bakar bersih, coba perhatikan permukaan luar jarum skep dan piston skep. Jika ada bagian yang tergores atau oval, menyebabkan udara luar masuk ruang pembakaran.

Udara yang sudah masuk melalui celah jarum dan skep, akan menggangu kerja pilot-jet yang berfungsi untuk menyuplai gas bakar menuju kondisi ideal, saat rpm rendah, posisi skep dan jarum berada di bawah. Jika skep atau jarum bocor maka akan menimbulkan putaran mesin lambat saat akan mencapai kondisi ideal. Perhatikan juga sambungan pada intake manifold apakah terjadi kebocorann atau tidak, soalnya udara palsu yang masuk juga menyebabkan putaran mesin jadi lambat merespon gas tutup.

Sebanarnya banyak efek yang memungkinkan seperti akselarasi motor cenderung lambat di rpm bawah dan atas, karena gas bakar yang masuk kekurangan bahan bakar, bahkan mungkin malah motor sulit untuk dinyalakan.

Solusi kunjungi bengkel terdekat :

1. Periksa kabel gas rutin (kalau perlu diberi pelumas).

2. Bersihkan kerang pada ruang bakar.

3. Periksa piston apakah kondisinya masih normal, tidak ada goresan, bentuk masih normal.

4. Periksa intake manifold apakah masih rapat.

memang prosesnya cukup berat dan perlu keahlian khusus untuk menangani, tetapi minimal kita tahu letak permasalahannya ada di mana.

semoga bermanfaat…

3 Responses to “Biker : Mesin lambat merespon saat gas tutup ?”


  1. 1 ogut January 24, 2013 at 1:50 pm

    iya bang, utamanya bahan bakar no’
    balance

  2. 2 Sekolah Hipnotis Indonesia April 21, 2014 at 9:04 am

    I know this web page provides quality dependent articles or
    reviews and other material, is there any other website which presents such data in
    quality?

  3. 3 cipto jr June 24, 2016 at 8:40 pm

    misi bang saya mau tanya ninja 250 carbu punya saya . lambat turun gasnya apa lagi kalau. mesin udah panas terasa tu .kalo kata mekanik dealer nya karet vacumnya nah. .gmana ane tanya ama yang lain .lain lagi jawabannya tolong dong bagi infonya makasih gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: