Mengenal Dual Overhead Camshaft (DOHC)

gbr.1 DOHC

Dual Overhead camshaft (DOHC) mesin kadang-kadang disebut sebagai mesin cam kembar, pada dasarnya memiliki dua camshaft dirakit di atas kepala masing-masing mesin. DOHC berevolusi dari tradisional single overhead camshafts (SOHC). Baik tunggal atau ganda, kerja camshaft tetaplah  sama, yaitu membuka dan menutup katup inlet dan exhaust dalam sebuah mesin.

Sistem DOHC adalah komponen dari beberapa katup mesin. Susunan ini sering digunakan pada banyak mesin modern, di mana satu camshaft atau cam mengoperasikan dua katup intake cam sementara lainnya mengoperasikan dua katup exhaust pada masing-masing silinder. DOHC dioperasikan oleh poros engkol melalui rantai timing yaitu rangtai  Sprockets  yang menghubungkan camshaft dengan crankshaft mungkin terletak di ujung atau tengah camshaft. Camshaft dengan sprockets akhir yang lebih umum, tetapi Anda mungkin menemukan camshaft dengan sprocket pusat dalam beberapa mobil.

gbr.2 SOHC

Mesin DOHC telah digunakan dalam tradisional dua katup dan tiga katup, 2 katup intake sistem per piston. Camshaft mengoperasikan katup melalui tappets tanpa intervensi dari batang dorong. Namun tata letak DOHC memungkinkan untuk variasi pada operasi katup. Dalam beberapa sistem misalnya, dua katup intake bekerja dengan perbedaan mikrodetik terpisah dari satu sama lain. Dengan variable valve timing memungkinkan muatan udara-bahan bakar campuran untuk memasuki ruang pembakaran dengan gerakan berputar-putar, yang membantu mengurangi kecepatan rendah emisi dan performa mesin yang lebih baik. Kedua camshaft di setiap kepala mesin DOHC adalah baja shaft dengan lobus diimbangi digunakan untuk mengoperasikan kereta katup. Tugas kereta katup adalah untuk membuka dan menutup katup intake untuk memperkenalkan campuran bahan bakar ke ruang pembakaran dan katup buang untuk mengusir gas dibakar. Komponen katup kereta lain mungkin termasuk atlet angkat, lengan rocker dan mata air.

Keuntungan Sistem DOHC :

DOHC dan SOHC, sebagai nama mereka menyiratkan, tempat camshaft di atas kepala mesin. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk batang dorong, rocker arm dan memungkinkan untuk meningkatkan overhead valve (OHV) mesin. Kinerja mesin meningkat karena berat berkurang dalam katup, sehingga lebih banyak energi yang ditransfer ke piston katup dan aliran udara  menjadi lebih baik.

Read more : ehow.com

About these ads

0 Responses to “Mengenal Dual Overhead Camshaft (DOHC)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: